Gunadarma University

Masuk Ke UG.

UG Library

Perpustakaan UG merupakan unit yang berfungsi memberikan pelayanan informasi kepada mahasiswa, dosen dalam melaksanakan tugas-tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mencakup pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Perpustakaan UG dilengkapi dengan beragam bahan pustaka yang terdiri dari buku literatur baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, majalah, jurnal ilmiah serta buku ilmu pengetahuan lainnya.

This is default featured post 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured post 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured post 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Rabu, 02 Oktober 2013

Artikel SIM

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN 1

1. Dari uraian singkat mengenai definisi iinformasi yang anda ketahui, kebutuhan informasi apa yang sangat mendasar bagi suatu perusahaaan dalam mengembangkan manajemennya ?
Sebut dan jelaskan hal tersebut berikut Contoh Perusahaan yang memanfaatkannya ?

Jawab :
Informasi adalah suatu data yang di dapat dari beberapa sumber yang di kembangkan dan di kelola dengan baik oleh seseorang sehingga menjadi sesuatu yang memiliki arti bagi orang tersebut atau orang lain.
Kebutuhan informasi yang sangat mendasar bagi suatu perusahaan dalam mengembangkan manajemennya adalah :
- Harus sebagus mungkin barang tersebut
- Stock barang harus sesuai dengan permintaan
- Kualitas diutamakan
- Persaingan dunia
- Kompleksitas Teknologi

Contoh perusahaan :

Sistem Informasi Manajemen PT. LG Electronic Indonesia
dalam Mengendalikan Inventori.

PT LG Electronics Indonesia memiliki sebuah portal yang dapat diakses oleh para karyawan PT LG
indonesia tersebut yang berada di seluruh indonesia, yang dinamanakan LG Electronics Enterprise Portal
atau biasa disebut LGEP. seluruh karyawan memiliki akses untuk memperoleh data-data yang dibutuhkan di
portal ini. akses tersebut berupa email resmi dari PT.LG yang dapat dipakai untuk log in ke dalam portal
untuk mendapatkan atau memberikan informasi terbaru mengenai data perusahaan.

Sistem yang digunakan oleh PT.LG Electronics Indonesia ini ialah Global Digital Logistic System (GDLS)
yang digunakan untuk mengendalikan invertori milik perusahaan.
 
Fungsi dari sistem GLDC :
- Mengetahui pengiriman barang dari pusat ke cabang atau sebaliknya
- membuat jadwal - jadwal pengiriman barang meliputi tujuan, rute perjalanan, dan no.Truk yang digunakan
- Mendapat informasi mengenai persediaan barang yang tersedia.
- Mengetahui adanya pengembalian barang yang dikarenakan tidak laku atau barang rusak.
- Mengetahui nilai barang yang telah dikirim / diterima termasuk biaya tambahan lainnya.

beberapa fungsi dan tujuan dari Subsistem GLDC :
- Delivery
Digunakan Untuk membuat jadwal pengiriman barang, konfirmasi pengiriman, mengalokasikan truk yang
digunakan, mengetahui status pengiriman dan mengetahui pengiriman barang yang tertunda atau terlambat.

- Cost
Digunakan untuk me-manage berbagai faktor pengiriman yang terdiri dari biaya-biaya lain, kondisi
barang, tujuan pengiriman, tarif dan untuk mengetahui apabila terjadi kesalahan dalam pengiriman.

- Stock
Digunakan untuk mengetahui status penerimaan barang dan perhitungan fisik persediaan barang di gudang.

- Return
Digunakan untuk mengetahui tentang adanya pengembalian barang yang tidak laku dan barang rusak.

2. Sebut dan jabarkan 5 bentuk sumber yang dikelola oleh seorang manaemen ?

Jawab :
- Manusia : Manajer memberi pengarahan kepada karyawan untuk pekerjaan karyawan
- Material : Material merupakan salah satu sumber yang bisa dikelola seorang Manajer untuk dijadikan barang modal yang akan di proses dalam sistem informasi manajemen ataupun perusahaannya sendiri untuk ditransaksikan.
- Mesin termasuk fasilitas dan energi : Manajer memberikan mesin fasilitas untuk pekerja agar memperlancar kinerja perusahaan dan memberikan hasil yang maksimal. 
- Uang = Merupakan Modal yang sangat penting dalam menunjang aktivitas dan keseimbangan proses manajemen yang diterapkan serta menjadi sebuah sarana penting dalam sebuah perusahaan.
- Informasi : Manajer mencari informasi yang di butuhkan untuk sebuah perusahaan.  

3. Elemen Lingkungan adalah organisasi/individu yang berada di luar perusahaan dan mempunyai pengaruh/tak langsung pada perusahaan. Sebut dan jelaskan elemen-elemen lingungan manakah yang dapat secara udah berhubungan dengan perusahaan yang menggunakan transimi elektronik.

Jawab:
1. Internet
2. Telepon / Handphone
3. Faximille/Telegram
4. Jaringan Komputer Kabel/Nirkabel

 
Penjelasan:
1. Dengan Menggunakan Internet sebuah perusahaan dapat mengetahui pangsa pasar modal,serta pengiriman, pendistribusian barang/jasa/sumber daya dapat dikelola dengan baik.
2. Dengan Telepon/Handphone dapat membuat sebuah perusahaan bisa saling terhubung dan sebagai media antar perusahaan satu dengan yang lain ataupun dengan konsumen.
3. Faximille/Telegram sebuah perusahaan dapat mengirimkan dan menerima informasi informasi terkait walaupun dengan proses yang terlampau lama setidaknya bisa menggantikan proses pengolahan data informasi secara manual.
4. Jaringan Komputer dapat digunakan setiap perusahaan dengan konsumen ataupun dengan instansi tertentu untuk membuat sebuah kerjasama manajemen yang baik.

 

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More