Jumat, 25 April 2014

Makalah tentang Globalisasi



BAB I
PENDAHULUAN DAN PENGERTIAN GLOBALISASI



Globalisasi adalah suatu fenomena khusus dalam peradaban manusia yang bergerak terus dalam masyarakat global dan merupakan bagian dari proses globalisasi itu sendiri.Globalisasi menciptakan berbagai tantangan dan permasalahan baru yang harus dijawab,dipecahkan dalam upaya memanfaatkan globalisasi untuk kepentingan kehidupan. Istilah globalisasi muncul sekitar 20 tahun yang lalu,dan mulai terkenal sekitar 5-10 tahun terakhir.Istilah globalisasi begitu mudah diterima dan dikenal oleh masyarakat dunia.Konsep globalisasi menurut Robertson(1992)
,mengacu pada penyempitan dunia secara intensif dan peningkatan kesadaran kita akan dunia,yaitu meningkatnya koneksi global dan pemahaman kita akan koneksi tersebut.Globalisasi memiliki banyak penafsiran dari berbagai sudut pandang.Sebagian orang menafsirkan globalisasi sebagai proses pengecilan dunia atau menjadikan dunia sebagaimana layaknya sebuah perkampungan kecil.Proses perkembangan globalisasi pada pada awalnya ditandai dengan kemajuan tekhnologi informasi dan komunikasi.Contoh sederhana dengan tekhnologi internet,parabola dan TV,orang di belahan bumi manapun dapat mengakses berita berita dari belahan dunia lainnya.Globalisasi juga berpengaruh pada kehidupan sehari-hari para remaja,seperti budaya berpakaian,gaya rambut dan sebagainya.

CIRI – CIRI GLOBALISASI

Berikut ini beberapa ciri-ciri yang menandakan makin berkembangnya globalisasi di dunia, yaitu :
a. Adanya sikap saling ketergantungan antara satu negara dengan negara lain terutama di bidang ekonomi.
b. Meningkatnya masalah bersama, misalnya pada bidang lingkungan hidup.
c. Berkembangnya barang-barang, seperti telepon genggam,satelit, dan internet. Ini menunjukan bahwa komunikasi global terjadi demikian cepat.
d. Peningkatan interaksi kultural (kebudayan) melalui perkembangan media masa. Misalnya dalam hal pakaian dan makanan.

TANDA – TANDA GLOBALISASI

Secara umum, globalisasi dapat ditunjukan adanya beberapa tanda, antara lain sebagai berikut :
a. Meningkatnya aliran data lintas batas, seperti penggunaan internet, satelit komunikasi dan telefon.
b. Meningkatnya pertukaran budaya (cultural exchange) internasional.
c. Meningkatnya perjalanan dan turisme lintas negara.
d. Meningkatnya imigrasi, termasuk imigrasi gelap.
e. Meningkatnya organisasi – organisasi internasional, seperti WTO, WIPO, dan IMF yang berurusan dengan transaksi – transaksi internasional.

PROSES GLOBALISASI

Globalisasi dalam perkembangannya kemudian dilihat sebagai proses yang terwujud dalam peristiwa-peristiwa besar yang mendunia. Beberapa peristiwa besar yang dimaksud adalah yang melibatkan peran negara-negara dunia. Peristiwa-peristiwa dalam sejarah dunia yang meningkatkan proses  globalisasi, misalnya sebagai berikut :
a. Ekspansi Eropa dangan navigasi dan perdagangan.
b. Revolusi industri yang mendorong pencarian sumber modal dan pasaran hasil industri ke berbagai negara.
c. Pertumbuhan kolonialisme dan imperialime.
d. Pertumbuhan kapitalisme.
e. Perang Dunia 1 dan Perang Dunia 2.
f. Ditemukannya sarana transportasi dan sarana telekomunikasi yang mutahir, seperti pesawat terbang dan pesawat telefon.
Unsur globalisasi yang sukar diterima masyarakat adalah sebagai berikut.
a. Teknologi yang rumit dan mahal.
b. Unsur budaya luar yang bersifat ideologi dan religi.
c. Unsur budaya yang sukar disesuaikan dengan kondisi masyarakat.
Unsur globalisasi yang mudah diterima masyarakat adalah sebagai berikut.
a. Unsur yang mudah disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi masyarakat.
b. Teknologi tepat guna, teknologi yang langsung dapat diterima oleh masyarakat.
c. Pendidikan formal di sekolah.
Modernisasi dan globalisasi membawa dampak positif ataupun negatif terhadap perubahan Sosial dan budaya suatu masyarakat.

BAB ll
Permasalahan

A.Globalisasi dan Budaya
B.Globalisasi dalam kebudayaan tradisional di Indonesia
C.Perubahan budaya dalam globalisasi ;kesenian yang bertahan dan yang tersisihkan

BAB lll
Pembahasan

A.Globalisasi dan Budaya

Salah satu aspek yang terengaruh adalah globalisasi.Kebudayaan dapat diartikan sebagai nilai-nilai falues yang dianut oleh masyarakat ataupun persepsi yang dimiliki oleh warga masyarakat terhadap berbagai hal.Kebudaan juga dapat didefinisikan sebagai wujudnya,yang mencakup gagasan atau ide,kelakuan dan hasil kelakuan( Koentjaraningrat),dimana hal tersebut terwujud dalam kesenian tradisional kita.Globalisasi dalam bentuk yang alami akan meninggikan berbagai budaya dan nilai-nilai budaya.Seorang penulis asal Kenya bernama Ngugi Wa Thiong’o menyebutkan bahwa perilaku dunia barat,khususnya Amerika seolah-olah sedang melemparkan bom budaya terhadap rakyat dunia.Mereka berusaha untuk menghancurkan tradisi dan bahasa pribumi sehingga bangsa-bangsa tersebut kebingungan dalam upaya mencari identitas budaya nasional.

B. Globalisasi dalam kebudayaan tradisional di Indonesia

Gejala yang wajar dalm interaksi antar masyarakat.Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang mejemuk dalm berbagai hal,seperti anekaragaman budaya,lingkunagn alam,dan wilayah geografis.Kesenian yang dikembangkannya itu menjadi model-model pengetahan dalam masyarakat

C. .Perubahan budaya dalam globalisasi ;kesenian yang bertahan dan yang tersisihkan

Perubahan dari masyarakat yang tertutup menjadi masyarakat yang lebih terbuka dari nilai-nilai yang bersifat homogen menuju plauralisme nilai dan norma sosial merupakan salah satu dampak dari adny globalisasi.Fakta yang demikian memberikan bukti betapa negara-negara menguasai teknologi mutakhir telah berhasil memegang kendali dalam Globalisasi budaya khususnya dinegara ke-3.Bagian dari Khasanah kebudayaan nasional ang perlu kelestariannya.Pesatnaya laju teknologi komunikasi telah menjadi sarana difusi budaya yang ampuhb,sekaigus jg aalternatif pilihan hiburan yang lebih beragam bagi masyarakat luas.wayang merupakan salah satu bentuk kesenian tradisional Indonesia yang sarat dan kaya akan pesan-pesan moral,dan merupakan salah satu agen penanaman nilai-nilai moral yang baik ,menuut saya.
BAB IV
Kesimpulan dan Saran
Kesimpulan :

Kebudayaan tak luput dari perkembangan zaman yang sekarang ini mulai merambat disegala bidang,tak urung jika kebudayaan yang berada ditengah-tengah masyarakat mulai tergeser oleh nilai-nilai kebudayaan dari barat dan lama kelamaan budaya barat akan menjajah kebudayaan yang sudah ada mula dari zaman dahulu hingga sekarang.Mungkin di beberapa daerah masih ada yang mempertahankan kebudayaan dari nenek moyang itu tetapi di wilayah lain mungkin sebaliknya.

Saran  :

Kita sebagai generasi muda harus bisa mempertahankan kebudayaan yang telah ada sejak zaman dahulu.Kita tidak boleh mengubur kebudayaan itu dalam sejarah karena kebudayaan itu tidak ternilai harganya.

BAB V
Penutup

Globalisasi hal yang tidak bisa dihindari karena perkembangan peradapan manusia yang selalu ingin berubah menuju keleluasaan. Jaringan komunikasi budaya dan peradapan diseluruh dunia bisa terakses dan akhirnya mengalami perkembangan membentuk kebudayaan baru.
Demikian makalah dari kelompok kami jika ada kata-kata maupun penulisan kata yang kurang benar kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.

SUMBER : http://asmaulfaizah97.blogspot.com/2013/01/contoh-rangkuman-tema-globalisasi.html



0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More